BBPOM di Semarang Serahkan Sertifikat Sekolah dengan PJAS Aman pada 42 Sekolah
31 Desember 2022 15:21
Berita Aktual

Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) merupakan salah satu program strategis yang terkait dengan peningkatan kualitas SDM generasi penerus bangsa yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011 dan berlanjut hingga sekarang. Tahun 2022, BBPOM di Semarang telah mengintervensi sekolah – sekolah yang merupakan perwakilan dari 5 Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Rembang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pekalongan dan Kota Tegal. Salah satu hasil dari intervensi yang telah dilakukan adalah dengan memberikan Sertifikat Sekolah dengan PJAS Aman.


Pada Selasa, 6 Desember 2022 BBPOM di Semarang telah sukses menyelenggarakan acara Penyerahan Sertifikat Sekolah dengan PJAS Aman dan Pengawalan Sekolah Intervensi 2020 – 2021 yang dibuka oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jawa Tengah, Imam Maskur. Dalam sambutannya, Kepala Biro Kesra menyampaikan bahwa anak – anak merupakan kelompok penerus bangsa, konsumsi anak biasanya adalah jajan dari kantin dan pedagang di sekitar sekolah sehingga perlu pengawasan terkait keamanan pangannya. Imam Maskur juga menambahkan agar program PJAS ini tidak berhenti tetapi harus terus berlanjut.


“Setelah menerima sertifikat diharapkan sekolah melanjutkan program keamanan pangan. Pihak sekolah diharapkan tidak hanya fokus pada nilai-nilai pendidikan namun juga keamanan pangannya, agar generasi sehat,” jelas Imam saat menutup sambutannya.


Dosen dari Universitas Diponegoro, Nuryanto yang merupakan Ahli Gizi juga dihadirkanuntuk menambah pengetahuan para peserta yang hadir sehingga literasi tentang Keamanan Pangan dan Gizi semakin meningkat.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Khasanah yang turut hadir saat penyerahan sertifikat sekolah dengan PJAS aman menyampaikan apresiasi dengan adanya program PJAS aman ini.


“Makanan yang sehat merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan Pendidikan untuk itu diharapkan sekolah – sekolah yang telah memperoleh materi terkait Keamanan Pangan ini juga melakukan pengimbasan kepada sekolah lainnya,” imbau Uswatun Khasanah.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang didampingi Kepala BBPOM di Semarang, Sandra M.P Linthin menyerahkan Sertifikat dengan PJAS Aman kepada 42 sekolah yang telah berhasil mengimplementasikan Keamanan Pangan di lingkungan sekolah. Selain itu apresiasi juga diberikan kepada SD Negeri Kedondong Banyumas yang mewakili Jawa Tengah menjadi Nominator Lomba PJAS tingkat Nasional. Penyematan sebagai Kader Keamanan Pangan Teraktif juga diberikan kepada 3 orang kader Keamanan Pangan dari SD Negeri Dorokandang Rembang, MTsN 1 Kudus dan MTsN 4 Rembang.


Di akhir acara, Kepala BBPOM di Semarang menyampaikan kepada sekolah yang telah menerima Sertifikat PJAS Aman diharapkan tidak berhenti upayanya dalam mewujudkan keamanan pangan di sekolah dan tetap bekerja maksimal untuk melanjutkan program Keamanan Pangan di sekolah dengan inovasi-inovasi untuk meningkatkan mutu program PJAS di tahun mendatang.

 

BBPOM di Semarang