Tingkatkan Kesadaran Masyarakat di Kabupaten Blora dengan Sosialisasikan Cek KLIK
19 Mei 2022 09:17
Berita Aktual

BBPOM Semarang mengedukasi masyarakat melalui pameran produk yang mengandung bahan berbahaya di Alun – Alun Kabupaten Blora pada Sabtu, 14 Mei 2022.  Pelaksanaan pameran ini sebagai bentuk partisipasi BBPOM Semarang sebagai mitra kerja anggota DPR RI Komisi IX dalam sosialisasi dan KIE dengan tokoh masyarakat Edi Wuryanto bersama BKKBN.
.
Berbagai contoh produk baik Pangan, Obat Tradisional dan Kosmetik yang tidak aman dikonsumsi dipajang sebagai display produk pada pameran tersebut. Diantaranya ada produk Pangan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Ada juga produk Obat Tradisional dan Kosmetik yang tidak memiliki izin edar maupun yang memiliki izin edar tapi palsu. Adapula produk obat tradisional yang tidak memenuhi syarat dikonsumsi dikarenakan mengandung Bahan Kimia Obat. Produk Kosmetik yang ditunjukkan adalah produk yang jelas diketahui berbahaya bagi kesehatan masyarakat karena tidak terjamin mutu, manfaat dan keamanannya.
.
Tidak hanya menampilkan produk tidak aman dan tidak layak konsumsi saja, petugas BBPOM Semarang juga aktif menyampaikan informasi kepada pengunjung pameran tentang Cek KLIK. Dijelaskan pentingnya melakukan Cek KLIK  (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli Obat dan Makanan serta pentingnya mencari informasi terpercaya terkait Obat dan Makanan melalui Website Badan POM atau Aplikasi BPOM Mobile. Pengunjung yang datang diajari cara mengecek produk Obat dan Makanan apakah terdaftar di Badan POM atau tidak menggunakan aplikasi BPOM Mobile dan langsung praktek di tempat.
.
Layanan pengujian gratis juga tersedia di stand pameran untuk mengetahui makanan apakah mengandung bahan kimia berbahaya seperti Formalin, Rhodamin B, Methanil Yellow dan Boraks atau tidak dengan menggunakan rapid test kit. Hasil uji dapat diketahui seketika tanpa menunggu lama.  Selain itu petugas juga melakukan sampling makanan yang diambil di sekitar lokasi pameran dengan hasil uji tidak ditemukan ada produk makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.
.
BBPOM Semarang terus menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Blora untuk selalu telitisebelum mengonsumsi Obat dan Makanan dengan melakukan Cek KLIK.

 

BBPOM di Semarang