Bimbingan Teknis Petugas pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas di Kab Rembang
26 April 2022 11:48
Berita Aktual

Petugas BBPOM di Semarang hadir di Kabupaten Rembang pada Selasa, 12 April 2022 dalam rangka Bimbingan Teknis Petugas Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas yang dilaksanakan di Pasar Rembang Kota, Kabupaten Rembang.
.
Peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) ini terdiri dari pengelola pasar, perwakilan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Kab. Rembang. Petugas BBPOM di Semarang yang juga menjadi narasumber menyampaikan materi tentang Cara Identifikasi Pangan Mengandung Bahan Berbahaya, Cara Pengambilan Sampel dan Cara Uji Bahan Berbahaya Pada Produk Pangan Menggunakan Rapid Test Kit.
.
Para peserta bimtek diajak untuk melakukan pengambilan sampel kepada sejumlah pedagang yang diduga menjual produk pangan yang mengandung bahan berbahaya agar dapat mempraktekkan secara langsung cara menguji makanan yang diduga mengandung bahan berbahaya, yaitu cara uji Methanyl Yellow, Rhodamin B, Formalin dan Boraks. Pada kesempatan ini, BBPOM di Semarang memberikan paket rapid tes kit kepada pengelola Pasar Rembang Kota.
.
Bimbingan teknis kepada petugas pasar atau dinas yang membawahi pasar bertujuan agar peredaran bahan berbahaya di pasar dapat dikendalikan sehingga keamanan dan mutu pangan olahan yang beredar di pasar setempat bisa terjamin.

 

BBPOM di Semarang