BBPOM di Semarang dan Pemerintah Kabupaten Tegal Tanda Tangani Kesepakatan Bersama Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan
24 November 2021 14:42
Berita Aktual

Kepala BBPOM di Semarang, Dra. Sandra M.P Linthin, M.Kes., Apt melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Bupati Tegal, Umi Azizah pada Senin, 22 November 2021 di Kantor Bupati Tegal. Turut hadir adalah Asisten Pemerintah dan lintas sektor terkait yang ikut menyaksikan secara langsung acara penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Wilayah Kabupaten Tegal.


Bupati Tegal menyambut baik dengan ditandatanganinya nota kesepakatan bersama ini untuk lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembinaan dan pengawasannya secara terpadu.


“Setelah ditandatanganinya kesepakatan bersama ini, rancang rencana kerja atau rencana aksi yang lebih komprehensif. Koordinasikan dengan para pihak, terutama BPOM di Semarang karena pembinaan dan pengawasan di bidang obat dan makanan ini adalah kerja kerja kolaboratif. Ada pertukaran data dan informasi terkait sarana, produk dan permasalahan obat dan makanan disamping perlunya peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya aparatur kita sendiri,” jelasnya menutup sambutan.


Kepala BBPOM di Semarang juga menyampaikan harapannya dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama ini pengawasan Obat dan Makanan di wilayah Kab. Tegal berjalan semakin efektif dan efisien, khususnya di tengah pandemi Covid 19. Mengingat selama pandemi, masyarakat memiliki pola baru yaitu lebih sering berbelanja atau membeli sesuatu secara online, sehingga perlu lebih waspada dan menyosialisasikan supaya menjadi konsumen yang cerdas.


Ruang Lingkup Kerja Sama tersebut meliputi koordinasi dan optimalisasi pembinaan dan pengawasan di bidang Obat dan Makanan, pertukaran data dan/atau informasi terkait sarana, produk dan permasalahan Obat dan Makanan sesuai ketentuan perundang undangan yang berlaku, peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia PARA PIHAK dalam rangka pengawasan Obat dan Makanan, penyelenggaraan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi  (KIE) kepada masyarakat terkait keamanan, mutu dan manfaat Obat dan Makanan dan pendampingan UMKM Obat Tradisional, Kosmetik dan Pangan Olahan.

 

BBPOM di Semarang