Peringati Sumpah Pemuda, BBPOM di Semarang Sosialisasikan Aplikasi Pramuka SAPA
2 November 2021 16:05
Berita Aktual

Masih dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, BBPOM di Semarang mengajak 5 Satuan Karya Pramuka (SAKA) untuk mengikuti sosialisasi yang bertemakan Peran Pramuka dalam Pemantauan Obat dan Makanan melalui Aplikasi Pramuka SAPA pada hari Minggu, 28 Oktober 2021. Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari SAKA Kencana, SAKA Bakti Husada, Saka Milenial, SAKA Kalpataru dan SAKA POM yang merupakan SAKA inisiasi dari Badan POM.

Kepala BBPOM di Semarang membuka acara sosialisasi yang diselenggarakan di Aula Lantai 3 BBPOM di Semarang ini menyampaikan bahwa Pramuka adalah bagian dari unsur masyarakat yang sangat potensial untuk menjadi pioneer dalam mengawal Keamanan Obat dan Makanan khususnya keamanan Pangan melalui penggunaan Aplikasi Pramuka SAPA. Aplikasi Pramuka SAPA menjadi media yang digunakan oleh Pramuka untuk melaporkan temuan Pangan yang Tidak Memenuhi Ketentuan yaitu Pangan Tanpa Izin Edar/ kedaluwarsa / rusak. Pemberian sosialisasi kepada Pramuka akan terus dilakukan sehingga Pramuka juga berperan aktif dalam mengawal Keamanan Obat dan Makanan di masyarakat..

Koordinator Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi, Dra. Novi Eko Rini, Apt memberikan pembekalan tentang pemanfaatan aplikasi Pramuka SAPA dalam mendukung pengawasan Keamanan Pangan. Selain itu para Pramuka pun diperkenalkan Aplikasi BPOM Mobile yang dapat digunakan untuk mengecek produk yang sudah terdaftar di Badan POM. Tidak lupa pula diperkenalkan dengan jargon Badan POM yaitu Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa),

Para pramuka pun diajak untuk membuat konten edukasi menggunakan Aplikasi Tiktok yang saat ini sedang digemari oleh kalangan milenial. Pembuatan konten edukasi ini juga bisa digunakan untuk menarik masyarakat melihat pesan keamanan Obat dan Makanan yang disampaikan.

 

BBPOM di Semarang